Minggu, 07 Februari 2016

MAKANAN DAN MINUMAN KHAS DARI JAWA TIMUR

Makanan khas dari Jawa timur itu banyak dan enak-enak lho. Tiap daerah yang ada di Jawa Timur pun memnpunyai makanan yang berbeda-beda. Misalnya kalau kita ke Lamongan ada soto khas yang menjadi makanan andalan. Dari pada penasaran, langsung kita lihat aja yuk apa aja makanan khas yang ada di Jawa Timur.

1. Soto Lamongan

Soto lamongan yang gurih
alimustikasari.com
Salah satu jenis soto yang menjadi khas kota Lamongan ini udah gampang kita jumpai di daerah lain. Ada yang bikin beda antara soto ini dengan soto yang lain lho. Namanya koya, pada tau nggak koya itu apaan? Koya itu semacam bubuk gurih yang terbuat dari kerupuk udang sama bawang putih. Kalau pengen tau rasanya soto lamongan, cari aja di kota kamu, atau kalau nggak ya main-main ke lamongan juga boleh kok.

2. Rawon

Rawon
cara.media
Udah pernah lihat makanan yang kuahnya coklat kehitam-hitaman nggak? Nah makanan yang namanya rawon ini warna kuahnya kayak gitu. Warna gelapnya didapat dari salah satu bahan yang bernama kluwek.
Kalau di Jawa Timur, rawon yang terkenal itu di daerah Pasuruan. Makanan berkuah nan menggoda ini biasanya dimakan dengan nasi, ada juga yang menambahkan bawang goreng dan kerupuk. Rawon biasanya berisi tauge, sayuran hijau, telur dan juga daging sapi. Pengen nyobain makan rawon? Cari aja di daerah kamu tinggal, atau main lah ke Jawa Timur biar dapet rasa aslinya tuh.

3. Rujak Cingur

Rujak cingur
gpswisataindonesia.blogspot.com
Kalau makan rujak kan biasanya irisan buah-buahan yang dikasih sambel gitu kan. Nah, kalau rujak cingur ini beda lho isinya. Cingur sendiri artinya adalah mulut, jadi rujak mulut sapi, hiiiii. Bahan yang ada di dalam rujak ini adalah cingur dan juga sayuran serta pelengkap lainnya. Tapi, yang bikin rasanya enak itu bumbu yang digunakan. Bumbunya terdiri dari petis, gula merah, cabe dan juga kacang tanah yang sudah digoreng. Nah, kesemua bumbu tadi diulek dan diencerkan dengan sedikit air. Rasanya sungguh mantab, apalagi kalau kamu makannya di Jawa Timur.

4. Lontong Balap

Kontong Balap Jawa Timur
resepmasakantop.com
Makanan yang satu ini bukan perlombaan ataupun kompetisi ya. Ini murni sebuah makanan yang menjadi salah satu khasnya Jawa Timur, namanya lontong balap.
Nah, lontong balap ini terdiri dari berbagai macam bahan, ada lontong, tauge, tahu goreng, lenthok, kecap, bawang goreng dan pelengkapnya sambal. Terus disiram dengan kuah yang rasanya segar dan mantab.
Makanan yang satu ini udah ada dari jaman dahulu, sebelum negara api menyerang lho. Jualannya dipikul gitu, dibawa keliling kota bersama peralatannya. Tapi sekarang jualannya udah pada punya kios sendiri, jadi nggak perlu mikul berat-berat lagi. Cobain deh makanan legendaris ini, pasti bakal kenyang tuh. 
5. Gado-Gado
Gado gado yang nampak lezat dimakan
travelblog.ticktab.com
Gado-gado merupakan makanan khas Jawa Timur yang sudah terkenal akan kelezatannya. Bukan cuma orang Indonesia aja lho yang suka sama makanan ini, orang luar negeri pun juga suka sama gado-gado.
Makanan ini terbilang cukup sehat, bahannya aja terdiri dari sayuran rebus, tahu, tempe, telur, kentang dan kadang ditambahi ketupat. Terus diatasnya disiram saus kacang yang bikin rasanya makin mantab. Kalau kamu mau nyobain, mungkin di kota Kamu udah ada nih makanan semacam salad ini.

6. Tahu Tek

Tahu tek
hprasetyo.wordpress.com
Makanan yang satu ini bahan dasarnya adalah tahu, ya udah jelas juga sih kalau dilihat dari namanya. Tahu tek ini tahunya digoreng setengah matang kemudian ditambahi bahan lain seperti potongan lontong, tauge, kentang goreng dan timun. Nah, setelah itu disiramlah dengan bumbu yang terbuat dari kacang tanah goreng dan petis yang sudah dihaluskan. Cobain aja deh rasanya, biar kamu nggak penasaran lho.

7. Pecel

Pecel Madiun
bambangpriantono.wordpress.com
Makanan Enak Khas Jawa Timur yang satu ini sudah tidak diragukan lagi rasanya. Banyak sekali yang menyukai makanan ini . Di Jawa Timur sendiri makanan ini terbagi atas beberapa pecel khas daerah. Seperti percel khas Malang ada juga pecel khas kediri ada pecel khas jember. Makanan ini sangat populer karena bahan makanan yang mudah ditemukan juga selain itu rasa yang nikmat dari pecel sendiri.

8. Bakso Malang

Bakso khas kota Malang
tripdomestik.com
Ini bukan bakso biasa ya, bakso Malang ini berbeda dari bakso lainnya yang ada dipasaran. Kalau kamu penasaran cobain aja deh sendiri, taku ntar bikin kamu ngiler kalau dijabarin dimari nih.

9. Nasi Tumpang

Sego tumpang
budaya-indonesia.org
Sego tumpang atau nasi tumpang adalah makanan khas Kediri. Diberi nama nasi tumpang karena menggunakan kuah dari sambal tumpang. Sambal tumpang dibuat dari tempe yang sudah basi atau kalau orang Jawa menyebutnya tempe bosok. Tempe tersebut dimasak bersama dengan ayam, kadang ada juga yang memakai rambak atau krupuk kulit sapi.



10. Opak gambir adalah makanan khas Blitar. Di daerah lain, orang mengenalnya sebagai kue semprong. Opak gambir dibuat dari tepung terigu, telur, gula dan sari buah. Rasanya enak, bisa jadi teman minum teh di sore hari atau teman nonton.

11. Krengsengan adalah masakan yang biasanya terbuat dari daging kambing yang dipotong kecil (2X2 cm), yang diberi bumbu tumisan bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, pala, (dihaluskan terlebih dahulu) ditambah dengan kecap manis pada waktu memasak, sehingga tidak banyak berkuah dan berwarna coklat tua, ada juga yang dicampur dengan bagian jeroan kambing. Masakan yang khas menggunakan daging kambing ini biasanya dijumpai bersama gulai kambing,

12. Sop Kikil adalah salah satu makanan khas Kota Surabaya. Makanan ini bahan utamanya adalah daging sapi yang berurat (biasanya bagian kaki), sehingga ketika dimakan dagingnya terasa kenyal. Kuahnya merupakan kaldu dari daging tersebut, dicampur dengan kunir, sereh, bawang goreng dan bumbu lainnya. Makanan ini disajikan panas dan dicampur jeruk nipis dan sambal sesuai selera.

13. Soto Madura adalah jenis soto yang berasal dari daerah Madura, Jawa Timur berbahan dasar daging sapi, telur rebus, kentang goreng dan tauge, dengan bumbu ketumbar, bawang merah dan bawang putih, jahe, kunir, laos, Kemiri, jeruk purut, dan garam secukupnya.

14. Wedang Angsle
Jangan bilang pernah ke Jawa Timur jika belum mencoba wedang Angsle. Wedang ini memiliki rasa khas dan memiliki bahan-bahan yang beraneka macam seperti roti tawar, terdapat juga ketan kukus, lalu kacang hijau, dan putu mayang (petulo). Bahan-bahan tadi diberikan kuah yang terbuat dari santan dan jahe. Bisa dibayangkan bagaimana kelezatan minuman ini? Tidak hanya bisa menyegarkan, wedang angsle juga bisa mengisi perut yang kelaparan.


Gambar Wedang Angsle

15. Wedang Jaselang   
Wedang Jaselang merupakan minuman khas dari kota Malang. Walaupun memiliki khasiat dan penampilan yang hampir sama dengan kebanyakan minuman lainnya, namun tetap saja terdapat perbedaan sebagai ciri khasnya. Bahan-bahan yang digunakan adalah jahe, kayu manis, sedikit merica, kapulga, secang dan yang membuat berbeda adalah penambahan alang-alang. Khasiatnya adalah menjaga stamina, mampu menghangatkan badan, dan sebagainya.
Gambar Weang Jaselang
16. Wedang Cemue
Wedang Cemue merupakan minuman khas Kabupaten Ngawi, provinsi Jawa Timur. Minuman ini memiliki rasa yang gurih karena perpaduan dari bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Membuat wedang ini dengan menggunakan kacang kelinci yang gurih, roti yang lembut, santan gula tebu sebagai pemanis serta jahe untuk sensasi hangat. Dan yang membuat unik adalah dalam minuman ini diberikan bawang goreng dan juga daun pandan untuk aroma harum. Hmmmm,, tertarik untuk mencoba? Silahkan datang ke Kabupaten Ngawi untuk mendapatkannya.
Gambar Wedang Cenue

17. Es Buto Ijo
Es buto ijo adalah minuman khas Jawa Timur yang berasal dari Lumajang. Bahan-bahan untuk membuat minuman ini adalah isi dari kelapa muda, ada juga nata de coco, beberapa kolang kaling, dan juga sagu mutiara. Serta disiram dengan sirup rasa melon dan juga diberi susu kental manis... Saat membayangkannya saja rasanya sangat menggiurkan, apalagi jika sudah di depan mata. Jika tidak bisa menahan godaan dari minuman ini, datanglah ke salah satu kedai di Lumajang Jawa Timur.
Gambar Es Buto Ijo

18. Es Gudir
Es Gudir berasal dari salah daerah provinsi Jawa Timur yaitu Kediri. Kata Gudir memiliki arti agar-agar. Sehingga bahan utama dari minuman ini adalah agar-agar yang dicampur dengan sirup yaitu dari gula merah serta diberikan aroma harum dari pandan. Minuman ini sangat cocok diminum ketika waktu santai, karena sangat menyegarkan.
Gambar Es Gudir

19. Es Sinom
Minuman ini sebenarnya adalah jamu tradisional yang biasanya banyak dijual di toko obat. Namun jamu yang satu ini sangat berbeda, karena rasanya sama sekali tidak pahit dan sangat enak. Selain membuat segar, es sinom juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti melancarkan BAB, melancarkan peredaran darah serta mampu mencegah rambut rontok. Dan untuk wanita, es sinom ini bisa meredakan rasa nyeri haid dan membuat kulit menjadi lebih bersih. Nah,, silakan mencoba minuman sehat dan menyegarkan ini yaa..
Gambar Es Sinom

20. Es Pleret Khas Blitar Raya
Es ini berasal dari nama seorang sesepuh dari Blitar yaitu Kyai Pleret. Jika dilihat sekilas, es pleret ini sama seperti kebanyakan es lainnya. Namun sejatinya minuman ini memiliki rasa yang khas yaitu yang terletak dari bahannya.  Karena pembuatan es pleret digunakan gula jawa sebagai pemanis dan ditambah dengan santan. Dan bahan utamanya menggunakan tepung beras yag dibentuk bulat-bulat berukuran kecil. Jika mengunjungi Blitar, maka jangan lupa mencoba es pleret ini karena es ini hanya ada di Blitar.
Gambar Es Pleret

21. Sirup Pokak
Sirup Pokak atau wedang pokak adalah minuman yang berasal dari Probolinggo, provinsi Jawa Timur. Minuman ini biasanya disajikan pada saat ‘Idul Fitri. Bahan yang digunakan untuk minuman ini adalah gula (gula putih ataupun juga gula merah sesuai dengan selera), pandan wangi untuk aroma, kayu manis, jahe, cengkeh, kayu manis serta jeruk purut. Minuman ini juga memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Merasa tertarik ingin mencoba, silakan datang ke Probolinggo karena minuman ini sangat terkenal di sana.
Gambar Sirup Pokak

22. Jamu Kebonagung
Jamu Kebonagung adalah minuman khas dari Pasuruan, salah satu daerah di provinsi Jawa Timur. Awalnya minuman ini oleh masyarakat daerah setempat disebut jamu belik, karena membuat jamu ini dengan menggunakan air langsung dari belik. Namun, jamu belik hanya mampu bertahan satu hari, sehingga kemudian diproduksi dengan bentuk sirup dan menjadi jamu kebonagung. Terbuat dari berbagai macam rempah misalnya kayu manis, bunga pala, terdapat juga cengkeh, dan sebagainya. Jamu ini tidak hanya sehat, tapi juga menyegarkan. Tidak akan rugi untuk mencobanya.
Gambar Jamu Kebonagung

23. Es Anaconda Lumajang
Minuman segar yang memiliki nama menakutkan ini berasal dari Lumajang. Es anacoda lumajang hampir sama dengan es teller, namun yang membuat ia berbeda dari tingkat kemanisan dan kombinasi bahan-bahannya. Minuman yang terdiri dari es, sirup, buah alpukat, isi kelapa muda, ditambah kolang kaling, dan juga nata de coco, serta selasih dan rumput laut. Penasaran ingin mencoba minuman ini? Apalagi yang ditunggu,, buruan datang ke Lumajang dan cicipi rasa es dengan nama mengerikan ini.
Gambar Es Anaconda Lumajang

24. Teh Kocok
Teh kocok merupakan minuman yang berasal dari kota Surabaya. Minuman ini memiliki sedikit kemiripan dengan teh tarik. Namun, teh kocok menggunakan teh hitam yang kemudian dicampur dengan susu kental manis, tidak lupa daun mine dan juga air. Serta yang terpenting es batu. Gunakan shakker untuk mengocok teh tersebut. Tertarik untuk mencoba? Segera datang ke Surabaya ...
Gambar Teh Kocok

25. Es Oyen   
Es oyen sebenarnya minuman khas dari Bandung, namun es oyen ini sangat digemari di kota Surabaya. Memiliki bahan yang bisa dikatakan complete, membuat minuman ini sangat menyegarkan dan menarik minat banyak orang. Tempat es Oyen yang direkomendasikan adalah di perempatan Pasar Wonoayu, Sidoarjo, kira-kira 10 km dari kota Sidoarjo. Ayo luangkan waktu unutk mampir dan menikmati kesegaran dari es oyen ini.
Gambar Es Oyen

25 komentar:

  1. waaah banyak banget, jadi bingung mau pilih yang mana :D

    nice info deh (y),,, mampir ke Ayam Legenda Bandung yah min :) terimakasih.

    BalasHapus
  2. SELAMAT DATANG DI WWW.WSD4D.COM
    Togel Online | Togel SGP | Togel HKG | Judi Online | Judi Bola
    .
    1 USER ID UNTUK SEMUA GAME
    - SPORTSBOOK
    - TOGEL
    - 6 GAME POKER
    - Casino
    - Sabung ayam
    - Tangkas
    - Slotgame
    - Habanero
    - Tembak ikan
    - Batu goncang
    - dan game lainnya
    .
    BONUS YANG MENARIK DARI WSD4D(.)COM
    - BONUS NEW MEMBER 100% SPORTSBOOK
    - BONUS NEXT DEPOSIT 10%
    - BONUS DEPOSIT 30% SPORTBOOK
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI UP TO 20,000
    - DISKON TOGEL 2D : 29% | 3D : 59% | 4D : 65%
    - BONUS CASHBACK UP TO 15% SPORTSBOOK
    - BONUS CASHBACK SABUNG AYAM 5% UP TO 10%
    - BONUS CASHBACK GAMES & TANGKAS 20%
    - LIVE CASINO ROLLINGAN 0,8% (NO LIMIT)
    - BONUS ROLLINGAN POKER & DOMINO 0,3%
    - BONUS REFFERAL 2%
    .
    MIN DEPO & WD CUMA Rp.50.000,-
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    LIVECHAT WSD4D(.)COM YANG ONLINE 24 JAM
    Pin BBM : D887ECDB
    LINE : wsd_4d
    WECHAT : wsd_4d
    SKYPE : VINA WSD
    WA : +855964903955

    BalasHapus
  3. SELAMAT DATANG DI WWW.WSD4D.COM
    Togel Online | Togel SGP | Togel HKG | Judi Online | Judi Bola
    .
    1 USER ID UNTUK SEMUA GAME
    - SPORTSBOOK
    - TOGEL
    - 6 GAME POKER
    - Casino
    - Sabung ayam
    - Tangkas
    - Slotgame
    - Habanero
    - Tembak ikan
    - Batu goncang
    - dan game lainnya
    .
    BONUS YANG MENARIK DARI WSD4D(.)COM
    - BONUS NEW MEMBER 100% SPORTSBOOK
    - BONUS NEXT DEPOSIT 10%
    - BONUS DEPOSIT 30% SPORTBOOK
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI UP TO 20,000
    - DISKON TOGEL 2D : 29% | 3D : 59% | 4D : 65%
    - BONUS CASHBACK UP TO 15% SPORTSBOOK
    - BONUS CASHBACK SABUNG AYAM 5% UP TO 10%
    - BONUS CASHBACK GAMES & TANGKAS 20%
    - LIVE CASINO ROLLINGAN 0,8% (NO LIMIT)
    - BONUS ROLLINGAN POKER & DOMINO 0,3%
    - BONUS REFFERAL 2%
    .
    MIN DEPO & WD CUMA Rp.50.000,-
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    LIVECHAT WSD4D(.)COM YANG ONLINE 24 JAM
    Pin BBM : D887ECDB
    LINE : wsd_4d
    WECHAT : wsd_4d
    SKYPE : VINA WSD
    WA : +855964903955

    BalasHapus
  4. "Selamat Datang Di DewaAduQ, Dilayani Oleh Customer Service yang siap melayani anda selama 24jam Non-Stop loh bos
    dan dengan tingkat kemenangan hingga 94% bos
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    ☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆*1 User ID untuk 7 game*☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Minimal Deposit kami Hanya sebesar Rp 10.000,- & Minimal Withdraw kami Rp 20.000,-
    HOT PROMO wwwDewaAduQcom yaitu :
    ⇨ BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP Harinya ( jam 14.30 wib )
    ⇨ BONUS REFERRAL 20% SEUMUR HIDUP
    ⇨ BCA - Mandiri - BNI - BRI - Danamon
    Ayoo Segera Bergabung dengan kami Hanya di:
    Link resmi : wwwDewaAduQcomLink alternatif : wwwDewaAduQnet"

    BalasHapus
  5. "Selamat Datang Di DewaAduQ, Dilayani Oleh Customer Service yang siap melayani anda selama 24jam Non-Stop loh bos
    dan dengan tingkat kemenangan hingga 94% bos
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    ☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆*1 User ID untuk 7 game*☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Minimal Deposit kami Hanya sebesar Rp 10.000,- & Minimal Withdraw kami Rp 20.000,-
    HOT PROMO wwwDewaAduQcom yaitu :
    ⇨ BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP Harinya ( jam 14.30 wib )
    ⇨ BONUS REFERRAL 20% SEUMUR HIDUP
    ⇨ BCA - Mandiri - BNI - BRI - Danamon
    Ayoo Segera Bergabung dengan kami Hanya di:
    Link resmi : wwwDewaAduQcomLink alternatif : wwwDewaAduQnet"

    BalasHapus
  6. http://monicadeff.blogspot.co.id/2016/02/makanan-dan-minuman-khas-dari-jawa-timur.html

    BalasHapus
  7. https://vortez0621.wordpress.com/2017/11/14/komentar-lebron-james-setelah-rekornya-dipecahkan-lonzo-ball/

    BalasHapus
  8. https://vortez0621.wordpress.com/2017/11/14/komentar-lebron-james-setelah-rekornya-dipecahkan-lonzo-ball/

    BalasHapus
  9. BURUAN BERGABUNG BERSAMA KAMI
    DI AGEN BETTING ONLINE thesbobet
    DAN DAPATKAN PROMO DAN BONUS MENARIK:
    PROMO/BONUS MENARIK :
    - Bonus 15% NEW MEMBER
    - BONUS 5% NEXT DEPOSIT (Khusus Sbobet & IBCBET)
    - BONUS CASHBACK UP TO 20% (Khusus SBO & IBC)
    - BONUS ROLLINGAN 0.8% CASINO
    - BONUS DEPOSIT SABUNG AYAM 10%
    - BONUS CASHBACK TANGKAS UP TO 25%
    UNTUK INFORMASI SILAKAN HUBUNGIN :
    SMS : +85599495483
    Whatapps : +85569572564
    LINE : THESBOBET
    WECHAT : THESBOBET
    BB : D8791B4D

    BalasHapus
  10. "Selamat Datang Di DewaAduQ, Dilayani Oleh Customer Service yang siap melayani anda selama 24jam Non-Stop loh bos
    dan dengan tingkat kemenangan hingga 94% bos
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    ☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆*1 User ID untuk 7 game*☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Minimal Deposit kami Hanya sebesar Rp 10.000,- & Minimal Withdraw kami Rp 20.000,-
    HOT PROMO wwwDewaAduQcom yaitu :
    ⇨ BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP Harinya ( jam 14.30 wib )
    ⇨ BONUS REFERRAL 20% SEUMUR HIDUP
    ⇨ BCA - Mandiri - BNI - BRI - Danamon
    Ayoo Segera Bergabung dengan kami Hanya di:
    Link resmi : wwwDewaAduQcomLink alternatif : wwwDewaAduQnet"

    BalasHapus
  11. GOAL4D.com adalah Agen Togel, Judi Bola dan Casino Online Terpercaya Indonesia

    Gebyar Promo dari GOAL4D.com yg sangat menarik, di antaranya :

    1.Bonus Deposit 100% member baru (SportsBook)

    2.Bonus Deposit 30% (SportsBook)

    3.Bonus Deposit 10% (All Games)

    4.Bonus Turnover Poker 0.3%

    5.Komisi Turnover Casino 0.8%

    6.Cashback Mingguan Up To 15% (SportsBook) & (TANGKAS)

    7.Cashback Mix parlay 100%

    (Untuk Semua Promo Promo yg Kami sediakan syarat dan ketentuan berlaku)

    Untuk informasi lebih lanjut mohon hubungi Live Chat 24 Jam

    Pin BBM GOAL4D : D8bb28D7

    Diskon & Pembayaran Terbesar

    2D : 29% X 70

    3D : 59% X 400

    4D : 66% X 3000

    6 Pasaran yang disediakan oleh GOAL4D :

    1. Sydney : Tutup Bet 13:00 WIB dan Result 13:50 WIB

    2. Kuching : Tutup Bet 15:00 WIB dan Result 15:30 WIB

    3. Petaling : Tutup Bet 16:00 WIB dan Result 16:30 WIB

    4. Singapore : Tutup Bet 17:10 WIB dan Result 17:40 WIB

    5. Magnum 4d : Tutup Bet 18:00 WIB dan Result 18:30 WIB

    6. Hongkong : Tutup Bet 22:00 WIB dan Result 23:00 WIB

    Cerita Dewasa

    Cerita Sex

    Cerita Hot

    Cerita Basah

    Film Sex

    Film Semi

    Berita Sex

    Bokep

    Prediksi Bola

    Prediksi Togel

    Berita Bola

    Livescore

    BalasHapus
  12. Selamat datang di WSDBOLA88.COM, DENGAN GAME TERLENGKAP
    HOT PROMO WSDBOLA88.COM :
    - Bonus Deposit New Member Sportbook 100%
    - Bonus Deposit Sportbook 30%
    - Bonus Deposit ALL Games 10%
    - Bonus Rollingan Casino 0,8%
    - Bonus Cahback Bola Tangkas sd 15%
    - Bonus Referal 2%

    Silahkan hubungi :
    BBM : D8D23CAA
    LINE : WSDBOLA88
    WECHAT : WSDBOLA88
    WA : +855966434206
    LIVECHAT ONLINE 24JAM
    Show less

    BalasHapus
  13. JOIN GUYS
    WWW.TOGELSGP88.COM
    1 user id untuk semua game
    * TOGEL
    * SPORTBOOK
    * LIVE CASINO
    * POKER
    * DOMINO
    * SABUNG AYAM
    * DAN MASIH BANYAK LAGI

    PROMO BONUS :
    - BONUS NEW MEMBER 100% SPORTSBOOK
    - BONUS DEPOSIT 30% SPORTBOOK
    - BONUS DEPOSIT 10% ALL GAMES (SPORTBOOK | SABUNGAYAM | TANGKAS | E - GAMES)
    - BONUS CASHBACK MIX PARLAY 100%
    - BONUS ROLLINGAN POKER 0.3%
    - BONUS ROLLINGAN LIVE CASINO 0.8%


    SEGERA DAFTAR SEKARANG !!!

    Hubungi kami di :
    BBM : D8DC9CC9
    LINE: TOGELSGP88
    WA : +85581955483

    BalasHapus
  14. GOAL4D.com adalah Agen Togel, Judi Bola dan Casino Online Terpercaya Indonesia

    Gebyar Promo dari GOAL4D.com yg sangat menarik, di antaranya :

    1.Bonus Deposit 100% member baru (SportsBook)

    2.Bonus Deposit 30% (SportsBook)

    3.Bonus Deposit 10% (All Games)

    4.Bonus Turnover Poker 0.3%

    5.Komisi Turnover Casino 0.8%

    6.Cashback Mingguan Up To 15% (SportsBook) & (TANGKAS)

    7.Cashback Mix parlay 100%

    (Untuk Semua Promo Promo yg Kami sediakan syarat dan ketentuan berlaku)

    Untuk informasi lebih lanjut mohon hubungi Live Chat 24 Jam

    Pin BBM GOAL4D : D8bb28D7

    Diskon & Pembayaran Terbesar

    2D : 29% X 70

    3D : 59% X 400

    4D : 66% X 3000

    6 Pasaran yang disediakan oleh GOAL4D :

    1. Sydney : Tutup Bet 13:00 WIB dan Result 13:50 WIB

    2. Kuching : Tutup Bet 15:00 WIB dan Result 15:30 WIB

    3. Petaling : Tutup Bet 16:00 WIB dan Result 16:30 WIB

    4. Singapore : Tutup Bet 17:10 WIB dan Result 17:40 WIB

    5. Magnum 4d : Tutup Bet 18:00 WIB dan Result 18:30 WIB

    6. Hongkong : Tutup Bet 22:00 WIB dan Result 23:00 WIB

    Cerita Dewasa

    Cerita Sex

    Cerita Hot

    Cerita Basah

    Film Sex

    Film Semi

    Berita Sex

    Bokep

    Prediksi Bola

    Prediksi Togel

    Berita Bola

    Livescore

    BalasHapus
  15. GOAL4D.com adalah Agen Togel, Judi Bola dan Casino Online Terpercaya Indonesia

    Gebyar Promo dari GOAL4D.com yg sangat menarik, di antaranya :

    1.Bonus Deposit 100% member baru (SportsBook)

    2.Bonus Deposit 30% (SportsBook)

    3.Bonus Deposit 10% (All Games)

    4.Bonus Turnover Poker 0.3%

    5.Komisi Turnover Casino 0.8%

    6.Cashback Mingguan Up To 15% (SportsBook) & (TANGKAS)

    7.Cashback Mix parlay 100%

    (Untuk Semua Promo Promo yg Kami sediakan syarat dan ketentuan berlaku)

    Untuk informasi lebih lanjut mohon hubungi Live Chat 24 Jam

    Pin BBM GOAL4D : D8bb28D7

    Diskon & Pembayaran Terbesar

    2D : 29% X 70

    3D : 59% X 400

    4D : 66% X 3000

    6 Pasaran yang disediakan oleh GOAL4D :

    1. Sydney : Tutup Bet 13:00 WIB dan Result 13:50 WIB

    2. Kuching : Tutup Bet 15:00 WIB dan Result 15:30 WIB

    3. Petaling : Tutup Bet 16:00 WIB dan Result 16:30 WIB

    4. Singapore : Tutup Bet 17:10 WIB dan Result 17:40 WIB

    5. Magnum 4d : Tutup Bet 18:00 WIB dan Result 18:30 WIB

    6. Hongkong : Tutup Bet 22:00 WIB dan Result 23:00 WIB

    Cerita Dewasa

    Cerita Sex

    Cerita Hot

    Cerita Basah

    Film Sex

    Film Semi

    Berita Sex

    Bokep

    Prediksi Bola

    Prediksi Togel

    Berita Bola

    Livescore

    BalasHapus
  16. "Selamat Datang Di DewaAduQ, Dilayani Oleh Customer Service yang siap melayani anda selama 24jam Non-Stop loh bos
    dan dengan tingkat kemenangan hingga 94% bos
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    ☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆*1 User ID untuk 7 game*☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Minimal Deposit kami Hanya sebesar Rp 10.000,- & Minimal Withdraw kami Rp 20.000,-
    HOT PROMO wwwDewaAduQcom yaitu :
    ⇨ BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP Harinya ( jam 14.30 wib )
    ⇨ BONUS REFERRAL 20% SEUMUR HIDUP
    ⇨ BCA - Mandiri - BNI - BRI - Danamon
    Ayoo Segera Bergabung dengan kami Hanya di:
    Link resmi : wwwDewaAduQcomLink alternatif : wwwDewaAduQnet"

    BalasHapus
  17. GOAL4D.com adalah Agen Togel, Judi Bola dan Casino Online Terpercaya Indonesia

    Gebyar Promo dari GOAL4D.com yg sangat menarik, di antaranya :

    1.Bonus Deposit 100% member baru (SportsBook)

    2.Bonus Deposit 30% (SportsBook)

    3.Bonus Deposit 10% (All Games)

    4.Bonus Turnover Poker 0.3%

    5.Komisi Turnover Casino 0.8%

    6.Cashback Mingguan Up To 15% (SportsBook) & (TANGKAS)

    7.Cashback Mix parlay 100%

    (Untuk Semua Promo Promo yg Kami sediakan syarat dan ketentuan berlaku)

    Untuk informasi lebih lanjut mohon hubungi Live Chat 24 Jam

    Pin BBM GOAL4D : D8bb28D7

    Diskon & Pembayaran Terbesar

    2D : 29% X 70

    3D : 59% X 400

    4D : 66% X 3000

    6 Pasaran yang disediakan oleh GOAL4D :

    1. Sydney : Tutup Bet 13:00 WIB dan Result 13:50 WIB

    2. Kuching : Tutup Bet 15:00 WIB dan Result 15:30 WIB

    3. Petaling : Tutup Bet 16:00 WIB dan Result 16:30 WIB

    4. Singapore : Tutup Bet 17:10 WIB dan Result 17:40 WIB

    5. Magnum 4d : Tutup Bet 18:00 WIB dan Result 18:30 WIB

    6. Hongkong : Tutup Bet 22:00 WIB dan Result 23:00 WIB

    Cerita Dewasa

    Cerita Sex

    Cerita Hot

    Cerita Basah

    Film Sex

    Film Semi

    Berita Sex

    Bokep

    Prediksi Bola

    Prediksi Togel

    Berita Bola

    Livescore

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Selamat datang di WSDBOLA88.COM, DENGAN GAME TERLENGKAP
    HOT PROMO WSDBOLA88.COM :
    - Bonus Deposit New Member Sportbook 100%
    - Bonus Deposit Sportbook 30%
    - Bonus Deposit ALL Games 10%
    - Bonus Rollingan Casino 0,8%
    - Bonus Cahback Bola Tangkas sd 15%
    - Bonus Referal 2%

    Silahkan hubungi :
    BBM : D8D23CAA
    LINE : WSDBOLA88
    WECHAT : WSDBOLA88
    WA : +855966434206
    LIVECHAT ONLINE 24JAM
    Show less

    BalasHapus
  20. TOGEL118

    Silahkan di kunjungi ya kawan-kawan 100% Memuaskan
    > Hoki anda ada di sini <
    ========== WWW.TOGEL118.COM =========
    1 USER ID UNTUK SEMUA GAME
    * Kami memberi bukti bukan Janji *
    Daftar sekarang juga dan dapatkan bonus menarik dari kami :
    - BONUS NEW MEMBER 100%
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5.000 - 20.000
    - BONUS DEPOSIT 10% SABUNG AYAM | BOLA TANGKAS | E-GAMES
    - BONUS DEPOSIT 30% UNTUK SPORTBOOK
    - BONUS CASHBACK SPORTBOOK Up to 15%
    - BONUS CASHBACK MIXPARLAY 100%
    - BONUS CASHBACK E-GAMES 20%
    - BONUS ROLLINGAN LIVECASINO 0.8%
    - BONUS ROLLINGAN POKER & DOMINO 0,3%
    - BONUS REFFERAL 2%
    MIN DEPO & WD HANYA Rp.50.000,-
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    LIVECHAT TOGEL118.COM 24 JAM ONLINE
    Pin BBM : D8AF7278
    LINE : togel118
    WHATSAPP : +855 92 985 834
    Cerita Dewasa
    Cerita Semi
    Cerita Sex
    Nonton Bokep
    Film Sex
    Film Dewasa


    Prediksi Bola
    Berita Bola
    Live Score
    Bursa Taruhan


    Agen Togel
    Agen Bola
    Judi Bola
    Judi Online
    Togel SGP
    Togel Hongkong
    Togel Sydney
    Agen Judi QQ
    Forum Judi Online

    BalasHapus
  21. Selamat Datang Di 7LiveBet Situs Betting Terbaik Dan Terpercaya
    Dapatkan Hot Promo Hanya Di 7LiveBet(.)COM :
    * HOT PROMO NEW MEMBER
    * BONUS TURNOVER POKER 0.3%
    * BONUS CASHBACK SPORTBOOK 15%
    * PROMO UANG TUNAI 5JT
    * BONUS REFERRAL 5% SEUMUR HIDUP
    BCA - MANDIRI - BNI - BRI
    Link Resmi : www(.)7LiveBet(.)com
    Link Alrternatif : www(.)7LiveBet(.)Asia

    UNTUK INFO SELENGKAPNYA SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
    PIN BBM DC71D9A0
    LINE : 7LIVEBET
    WECHAT : 7LIVEBET
    WA +6281271235854
    LIVECHAT 24 JAM

    BalasHapus